ABSTRAK
Analisis Pengaruh Strategi Membaca SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca
Kritis Siswa Dalam Makalah
Membaca SQ3R
Lungit Nurman
Hakim
A310120181
Pendidikan
Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas
Muhammadiyah Surakarta
2013
Penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan pengaruh strategi membaca SQ3R terhadap kemampuan menemukan
gagasan utama bacaan, meringkas isi bacaan, dan menyimpulkan isi bacaan. Selanjutnya
akan di jelaskan tentang langkah – langkah yang ditempuh dalam membaca SQ3R,
langkah- langkah tersebut meliputi : Survey, Question, Read, Recite atau
recall, Review. Survey adalah mengenal bahan sebelum membacanya secara lengkap,
question adalah menyusun pertanyaan – pertanyaan yang jelas dan relevan, read
adalah membaca secara aktif dalam rangka mencari jawaban atas pertanyaan –
pertanyaan yang telah di susun, recite adalah menjawab pertanyaan yang telah
disusun dan review adalah mengulangi kembali bacaan serta menelusuri bagian –
bagian penting yang diinginkan kembali.
Pendekatan yang
digunakan dalam hal ini adalah secara kuantitatif, Melalui penelitian ini
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi SQ3R terhadap
kemampuan membaca kritis siswa dalam menemukan gagasan utama bacaan, meringkas
isi bacaan dan menyimpulkan isi bacaan.
Kata kunci: SQ3R, Langkah – langkah membaca SQ3R, Pengaruh membaca
SQ3R
Tidak ada komentar:
Posting Komentar